Dengan Skema 'BOS' Baru Sudah Pasti Gaji Guru Honorer Bakal Naik

Pemerintah sudah resmi membarui terkait skema penyaluran dana BOS di tahun 2020. Dengan perubahan yg modern ini, soal penyaluran dana akan pribadi dikirimkan ke rekening sekolah, dan nir lagi melalui rekening kas generik daerah. Perubahan ini untuk mempertinggi efektivitas pemanfaatan dana BOS oleh sekolah. Selain itu pula, proses pencairan juga menjadi lebih cepat.

Dengan Skema 'BOS' Baru Sudah Pasti Gaji Guru Honorer Bakal Naik

Pemerintah telah resmi mengubah terkait skema penyaluran dana BOS di tahun 2020. Dengan perubahan yang terbaru ini, soal penyaluran  dana akan langsung dikirimkan ke rekening sekolah, dan tidak lagi melalui rekening kas umum daerah. Perubahan ini untuk meningkatkan efektivitas pemanfaatan dana BOS oleh sekolah. Selain itu juga, proses pencairan juga menjadi lebih cepat.

Lalu bagaimana pandangan pihak sekolah terkait perubahan ini?

Sebagaimana dikutip dari detik.Com, Kamis, 05 Mar 2020 22:05 WIB Kepala Sekolah SMKN 10 Makassar mengatakan pengiriman dana BOS langsung ke sekolah membuat sekolah bisa leluasa membuat perencanaan dan memanfaatkan anggaran.

"Harapan kita dengan penyaluran dana BOS pribadi ke sekolah, pencairannya lebih sempurna ketika. Semua (rencana) pembelanjaan sesuai menggunakan harapan kita," ujar Andi Kamis (lima/tiga/).

Kemudian, selain membarui jalur distribusi, pemerintah jua menetapkan kenaikan batas aporisma alokasi aturan buat honor pengajar honorer sebagai 50 persen. Dengan adanya ketetapan tadi, hampir dipastikan para guru honorer menerima kenaikan gaji dari yg diterima saat ini.

"Sudah niscaya terdapat kenaikan gaji pengajar honorer sesudah kebijakan ini. Sementara kita buatkan hitung-hitungannya, yg pasti akan naik," ungkapnya.

Lalu, alur birokrasi pendistribusian dana BOS ini pula bisa meningkatkan kecepatan anugerah honor buat pengajar honorer. Saat ini, kata Andi, pengajar honorer mendapatkan gaji setiap tiga bulan, sinkron menggunakan waktu pencairan dana BOS.

"Kalau sebelumnya kita bayarkan cash, harapan kita (menggunakan kebijakan baru, honor ) bisa disalurkan lewat rekening. Lebih cepat & buat pertanggungjawaban kita buat pelaporan," pungkasnya.

Selain menurut itu, terkait pembaruan kebijakan penggunaan dana Bos ini juga akan meningkatkan kualitas pendidikan buat siswa. Untuk murid Sekolah Menengah Kejuruan, dana tersebut digunakan untuk menyediakan peralatan & bahan praktik yg memadai.

Lalu soal aturan menurut dana BOS jua dialokasikan buat pembangunan wahana dan prasarana sekolah. Tujuannya agar murid menerima fasilitas yg lebih lengkap dan nyaman selama belajar pada sekolah.

"Penggunaan dana bos ini buat beberapa kegiatan, (diantaranya) pengembangan profesi guru, perawatan sarana & prasarana, pengadaan barang ajar, kebutuhan ekstrakurikuler. Itu harus ada seluruh. Itu telah aturan baku berdasarkan pemerintah," Tutupnya.

Demikian semoga berguna.

-----------------------

Sumber:

detik.Com,

Kamis, 05 Mar 2020 22:05 WIB

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel