Melalui Permainan, Pembelajaran Matematika Menyenangkan Sekaligus Media Pemulihan Trauma

Rekan pengajar dimanapun bedada, Taukah anda bahwa pembelajaran matematika yg menyenangkan menggunakan banyak sekali permainan yang menarik, ini jua sekaligus dapat dijadikan media pemulihan stress berat dalam murid. , Melalui permainan ini belajar matematika sanggup menyenangkan

Melalui permainan ini belajar matematika bisa menyenangkan

Rekan pengajar dimanapun berada, Taukah anda bahwa pembelajaran matematika yg menyenangkan dengan berbagai permainan yang menarik, ini jua sekaligus bisa dijadikan media pemulihan trauma dalam anak didik.

Demikian, hal tadi dilakukan tim dari Pusat Pengembangan & Pemberdayaan Pendidik & Tenaga Kependidikan Matematika (PPPPTK Matematika) bertempat pada SMP Negeri 1 Turi, Kabupaten Sleman, DIY.

Tempo hari, sehabis peristiwa pada pelaksanaan aktivitas ekstrakurikuler pada sekolah tadi, semangat para murid perlu dibangkitkan dengan pendampingan psikologis.Kemendikbud melalui Unit Pelaksana Teknis pada DIY mendirikan posko program pendampingan di SMPN 1 Turi Sleman buat memberikan pendampingan psikologis. Posko ini didirikan selama seminggu mulai lepas 24 sampai 29 Februari 2020.

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematikas sebagai salahsatu UPT Kemendikbud DIY, ikut berpartisipasi dalam kegiatan pendampingan tersebut dengan memberikan aktivitas pembelajaran matematika yang menyenangkan. Pada Selasa (25/2/2020), tim  Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika selama satu hari mengenalkan kepada siswa mengenai pembelajaran matematika yang menyenangkan melalui permainan matematika yang bersifat menghibur dan mengasah nalar siswa.

Tim PPPPTK Matematika memberikan pelayanan pendampingan terbagi ke dalam 8 kelas yaitu untuk anak didik kelas VII dan VIII menggunakan masing-masing kelas terdiri berdasarkan 1 orang widyaiswara & tim relawan berdasarkan Kementerian Sosial DIY. Selama pendampingan tersebut, siswa diajak buat melakukan kegiatan menggunakan bermain menggunakan permainan matematika misalnya tangram, menara hanoi, loncat katak, & lain-lain.

Secara generik berdasarkan pengamatan selama aktivitas kegiatan tersebut, anak didik mengikuti semua aktivitas dengan gembira & antusias. Siswa kelas VIII, Amaliya Utami mengaku sangat menikmati kegiatan permainan matematika yg diikutinya. ?Permainan matematika yg saya ikuti ternyata bermanfaat karena sekaligus saya mampu belajar matematika. Kegiatan ini pula membantu saya semangat lagi pada sekolah,? Tutur Amaliya.

Pada kesempatan itu juga murid bernama Muhammad Surya Samudra bahkan meminta supaya kegiatan serupa jua diadakan lagi lantaran menurutnya sangat menyenangkan dan menghibur. Surya mengaku baru pertama kali mengikuti aktivitas pembelajaran matematika menggunakan cara yang menyenangkan tetapi ada unsur belajarnya.

Kemudian selesainya melakukan pendampingan, dilakukan evaluasi harian dari masing-masing tim pada setiap kelas buat melaporkan pengamatan selama aktivitas pada kelas. Secara umum, pada hari ke 2 dilaporkan murid merasa gembira menggunakan kegiatan pada kelas melalui permainan matematika yang menghibur & menyenangkan. Bagi siswa yg masih merasa perlu pendampingan, diberikan pendekatan dan pendampingan dan dijadikan catatan buat ditindaklanjuti dengan penanganan yg sempurna.

Demikian semoga dapat bermanfaat.

---------------------------------

Sumber:

gtk.Kemdikbud.Go.Id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel