Pedoman Pelaksanaan Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2019 Berdasarkan SE Mendikbud

Bapak Ibu Guru mengingat dalam tanggal 25 November 2019 menginjak momentum hari Guru Nasional maka Kemendikbud menerbitkan Petunjuk Teknis ( Junkni Hari Guru Nasional 2019 Pedoman Pelaksanaan Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2019 Berdasarkan SE Mendikbud yg terbit pertanggal 19 November 2019.

Juknis Hari Guru Nasional 2019

Bapak Ibu Guru mengingat pada tanggal 25 November 2019 menginjak momentum hari Guru Nasional 2019, maka telah diterbitkan Petunjuk Teknis ( Junknis Hari Guru Nasional 2019) atau Pedoman Pelaksanaan Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2019 Berdasarkan SE Mendikbud yang terbit pertanggal 19 November 2019.

Petunjuk Teknis (Juknis Hari Guru Nasional 2019) atau Pedoman Pelaksanaan Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2019 Berdasarkan SE Mendikbud sebagai berikut :

A. Latar Belakang

Peran guru pada bepergian sejarah bangsa Indonesia sungguh besar & sangat memilih. Sejak masa penjajahan, pengajar selalu menanamkan kesadaran akan harga diri menjadi bangsa & menanamkan semangat nasionalisme pada siswa dan rakyat. Pada termin awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi siswa pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Dengan demikian, guru adalah galat satu faktor yang strategis dalam memilih keberhasilan pendidikan yg meletakkan dasar dan turut mempersiapkan pengembangan potensi siswa buat masa depan bangsa.

Sebagai penghormatan pada pengajar, pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan lepas 25 November selain sebagai HUT PGRI jua sebagai Hari Pengajar Nasional. Untuk memperingati momentum yang berharga ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menaruh berbagai apresiasi terhadap pengabdian pengajar. Salah satu bentuk penghargaan tadi adalah menggunakan diselenggarakannya upacara bendera memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2019.

B. Tujuan, Sasaran, Tema, & Logo Hari Pengajar Nasional 2019

1. Tujuan

  • Meningkatkan peran strategis guru dan tenaga kependidikan dalam membangun sikap, keterampilan, dan pengetahuan dalam meningkatkan mutu pendidikan.
  • Meneladani semangat dan dedikasi guru sebagai pendidik profesional dan bermartabat.
  • Meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan pentingnya kedudukan dan peran strategis guru dan tenaga kependidikan dalam membangun karakter bangsa.

Dua. Sasaran Semua pegawai pada Iingkungan Kementerian Pendidikan & Kebudayaan, pegawai di Iingkungan pemerintah wilayah, perwakilan Indonesia pada luar negeri, Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pendidikan & Kebudayaan; pendidik dan energi kependidikan, para pemangku kepentingan pendidikan lainnya, para anak didik pada satuan pendidikan seluruh Indonesia, balk di Iingkungan training Kementerian Pendidikan & Kebudayaan maupun Kementerian Agama, dan anak didik pada Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).

3. Tema Tema peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019 merupakan "Pengajar Penggerak Indonesia Maju".

4. Logo Logo peringatan Hari Pengajar Nasional Tahun 2019 merupakan:

Petunjuk Teknis dan Pedoman hari guru nasional 2019

C. Pelaksanaan Upacara Bendera

Berikut ini kami sampaikan pedoman pelaksanaan upacara bendera Peringatan Hari Pengajar Nasional Tahun 2019.

1. Waktu Pelaksanaan - Hari, lepas : Senin, 25 November 2019 - Pukul : 07.30 saat setempat

2. Tempat Halaman tempat kerja/lapangan/loka lain yang sudah disepakati sang panitia setempat.

Tiga. Pakaian

a. Khusus pada lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, baik pada Pusat maupun Unit Pelaksana Teknis:

  • Pembina Upacara dan Pejabat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengenakan Pakaian Sipil Lengkap (PSL) bagi pria dan Pakaian Nasional bagi wanita
  • Undangan mengenakan Pakaian Sipil Lengkap (PSL) bagi pria dan Pakaian Nasional bagi wanita atau mengenakan batik lengan panjang
  • Peserta upacara dari unsur pegawai mengenakan seragam Korpri lengkap
  • Kepala sekolah, guru, dosen, siswa, dan mahasiswa mengenakan pakaian seragam masing-masing sesuai ketentuan; dan
  • Pasukan Pengibar Bendera dan petugas upacara Iainnya mengenakan pakaian dinas upacara sesuai dengan ketentuan.
b. Untuk pelaksanaan upacara bendera di Sekolah, Perguruan Tinggi, Daerah, dan Luar Negeri mengenakan pakaian sesuai dengan kebiasaan setempat.

4. Susunan Acara Hari Guru 2019

  • Pembina Upacara memasuki lapangan upacara
  • Penghormatan kepada Pembina Upacara, dipimpin oleh Pemimpin Upacara;
  • Laporan Pemimpin Upacara
  • Pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya (diiringi korsik, jika ada)
  • Mengheningkan cipta dipimpin oleh Pembina Upacara; Pembacaan teks Pancasila diikuti oleh seluruh Peserta Upacara
  • Pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  • Menyanyikan lagu Hymne Guru oleh Paduan Suara;
  • Amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan;
  • Menyanyikan lagu Terima Kasih Guru oleh Paduan Suara;
  • Pembacaan Doa;
  • Laporan Pemimpin Upacara kepada Pembina Upacara;
  • Penghormatan kepada Pembina Upacara;
  • Pembina Upacara meninggalkan tempat upacara; Upacara selesai.
D. Pembiayaan Acara Hari Guru 2019

Biaya penyeienggaraan Upacara Bendera peringatan Had Guru Nasional Tahun 2019 dibebankan pada aturan instansi masing-masing.

E. Lain-lain

Pedoman aplikasi upacara bendera peringatan Hari Pengajar Nasional Tahun 2019 ini bersifat informatif dan generik. Diharapkan unit kerja, instansi/lembaga, organisasi/asosiasi pengajar, serta warga dapat menyelenggarakan aktivitas buat menyemarakkan Peringatan Had Pengajar Nasional Tahun 2019 menggunakan kegiatan seperti seminar, talkshow, atau ziarah ke Taman Makam Pahiawan sesuai menggunakan kemampuan dan dukungan dana masing-masing instansi.

F. Penutup

Demikian panduan ini dibuat buat bisa dipergunakan sebagai acuan pada penyeienggaraan upacara bendera peringatan Hari Pengajar Nasional Tahun 2019.

Untuk membaca langsung Pedoman Pelaksanaan Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2019 Berdasarkan SE Mendikbud ( Download Disini )

Demikian informasi Pedoman Pelaksanaan Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2019 Berdasarkan SE Mendikbud semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel