Resmi ! Jokowi Luncurkan Subsidi Gaji, Alhamdulillah Guru Honorer Juga Dapat.


Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi meluncurkan program Bantuan Subsidi Upah atau Gaji kepada para pekerja dan buruh di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (27/8/2020).

Program bantuan subsidi upah atau gaji tersebut pada tahap pertama diberikan kepada 2,5 juta tenaga kerja dar targetnya 15,7 tenaga kerja. Dengan besaran Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan. Pencairan dilakukan dua tahap, masing-masing tahap sebesar Rp 1,2 juta.

Dalam acara peluncuran tersebut, Jokowi menyempatkan berdialog dengan salah satu penerima subsidi upah atau gaji yang bekerja sebagai guru honorer di DKI Jakarta.

"Ada guru honorer? Ada. Oh Ibu. Ibu rutin ya bayar iuran Jamsostek. Yang bayar dari sekolah berarti?," tanya Jokowi.

"Bukan pak dari Pemprov DKI, Dinas Pendidikan. Langsung potong gaji," jawab guru honorer yang bernama Budi Rahayu.

Jokowi pun bertanya, dana bantuan subsidi upah atau gaji itu akan dipakai untuk apa bila sudah diterima. "Kalau boleh tahu mau dipakai apa? Ini sudah ditransfer Rp 1,2 juta. Saya ingin punya bayangan dipakai untuk apa?," tanya Jokowi lagi.

Lalu Budi Rahayu menjawab, dana tersebut akan dipakai untuk membeli kuota yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar yang masih dilakukan secara online atau pembelajaran jarak jauh.

"Karena dengan adanya pandemi Covid-19, adanya perubahan cara belajar mengajar, tentu segala kegiatan itu dilaksanakan di rumah. Otomatis akan mempengaruhi perekonomian kita di rumah. Terutama untuk saya pribadi yang masih tinggal di kontrakan tentu berpengaruh kepada pembayaran listrik air, karena aktivitas kita setiap hari ada di rumah. Selanjutnya, penambahan mungkin untuk biaya operasional, untuk membeli kuota," jelas Budi Rahayu.

Kemudian, Budi Rahayu mengucapkan terima kasih atas bantuan pemerintah yang memberikan subsidi upah dan gaji bagi para tenaga kerja honorer. Budi berjanji akan menggunakan dana bantuan tersebut sebaik-baiknya.

"Terima kasin Bapak atas bantuan yang diberikan kepada kami, khususnya guru honorer. InsyaAllah bantuan itu akan kami pergunakan sebaik-baiknya, terutama untuk kehidupan sehari-hari," tutur Budi Rahayu. 

Sumber: mengajardarirumah.online

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel